Gerhana Bulan Momentum Tingkatkan Iman dan Taqwa

2
189

Pada penghujung bulan Januari kemarin terdapat fenomena alam yang luar biasa yaitu gerhana bulan blue moon. Gerhana ini terakhir kali terjadi yaitu 104 tahun yang lalu. Gerhana ini spesial, karena dibarengi dengan fenomena supermoon, yaitu bulan lebih dekat dan lebih terang 14 persen dari biasanya. Selain itu berbarengan juga dengan fenomena bluemoon, yaitu bulan purnama kedua dalam bulan Januari ini. Fakta-fakta tersebut merupakan bukti dari keagungan Allah SWT.

Masjid Al-Muttaqin Tawangsari dalam rangka mengagungi kekuasaan Allah melalui fenomena gerhana bulan ini bekerjasama dengan IMM Bulaksumur Karangmalang mengadakan sholat khusuf. Sholat dilaksanakan Rabu, 31 Januari 2018 dimulai tepat saat bulan purnama berada di fase puncaknya, yaitu pukul 19.52 WIB.

Sholat khusuf ini diimami dan khutbah diisi oleh alumni IMM Bulaksumur Karangmalang yaitu Ust. Subhi Mahmasony, MA. Pada kesempatan khutbah, beliau menyampaikan informasi-informasi seputar gerhana bulan. “Gerhana bulan ini merupakan tanda kebesaran Allah. Fenomena ini pasti akan berulang. Pada tahun ini saja akan terjadi 5 kali gerhana, 2 diantaranya adalah Gerhana Bulan Total, seperti yang terjadi saat ini.” ujarnya kepada para jamaah yang memenuhi seisi masjid.

Khotib juga mengajak melalui fenomena ini untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. “Allah telah memperlihatkan tanda-tanda supaya kita mengerti posisi kita sebagai manusia. Selain sebagai makhluk sosial dengan selalu menjaga ukhuwah persaudaraan dan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan, kita sebagai makhluk Allah juga diharapkan dapat memperbaharui iman dan taqwa melalui momentum gerhana bulan ini.” tandas beliau.

Khotbah yang diikuti secara khidmat ini diakhiri dengan berdoa mengharapkan ridho Allah SWT. yang dipimpin langsung oleh khotib.
(mfah)

2 COMMENTS

  1. Maasyaa a Allah, progresif mencerahkan. Lanjutkan!✊
    Jika ada penjelasan lbh mendalam mengenai Gerhana dan peningkatan iman n taqwa, artikel ini akan lbh informatif?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here