#KultumVirtual | Bersyukur

0
126
©Sholeh Ade Cahyadi / IMM BSKM

Oleh Avansa Naufal Hakim, S.Pd, M.Pd*

Sebagai seorang manusia kita selayaknya bersyukur karena banyak berkah dan anugerah yang dilimpahkan oleh –Nya kepada kita. Seperti dalam Quran surat Ibrahim ayat 7 yang menerangkan bahwa jika kita bersyukur maka nikmat kita akan di tambah-Nya. Terutama dalam menjalani kehidupan, kita sepatutnya terus berkarya dan mencoba serta jangan lupa selalu bersyukur kepada Tuhan. Memasuki bulan suci Ramadan ini, saat yang tepat untuk kita melakukan introspeksi diri. Introspeksi atas semua yang telah kita lakukan sejak kecil hingga dewasa ini. Apa saja yang telah kita perbuat serta mengingat perbuatan buruk kita agar tidak mengulangnya kembali. Bagi yang sudah bekerja, bersyukurlah bahwa lelah dan letihmu jika ikhlas pasti mendapatkan ridho-Nya. Ingatlah diluar sana masih banyak orang yang lelah dan letih karena mencari pekerjaan.

Kita semua juga selayaknya untuk bersyukur karena kita mayoritas lahir dari rahim orang tua kita dalam iman Islam (walau ada yang berkata bahwa ini adalah agama warisan) tentu saja ini adalah anugerah yang luar biasa dari Tuhan. Coba bayangkan jika kita lahir bukan dalam iman Islam serta dalam hidup kita tidak mendapat hidayah dari –Nya, apa yang terjaki kelak, naudzubillahimindzalik. Maka dari itu kita harus bersyukur kepada Tuhan telah memberikan kita iman Islam sejak lahir.

Mensyukuri nikmat Tuhan tentu merupakan salah satu ketenangan batin dan jiwa kita sebagai seorang manusia. Coba bayangkan jika kita tidak bersyukur, maka hati kita tidak tenang dan selalu ambisius tinggi hingga menyebabkan lupa kepada Tuhan. Padahal semua aktivitas yang kita lakukan jika tidak dengan ridho dari Tuhan maka aktivitas yang kita lakukan tidak menjadi berkah dan tidak menjadi nilai ibadah di sisi Tuhan.

Bagi yang merasa hidupnya sudah nyaman, maka bersyukurlah pada Tuhan. Di luar sana banyak yang hidupnya susah, makan susah, sekolah maupun kuliah susah, kesusahan air bersih, kesulitan dalam mencari kerja dan semacamnya. Di bulan suci Ramadhan ini sudah selayaknya kita bersyukur lebih dari bulan-bulan sebelumnya kepada Tuhan supaya hidup kita menjadi tenang dan berkah.
Banjarmasin, 9 Juni 2017

Penulis adalah seorang suami yang berbahagia dengan keluarganya. Sekarang bekerja sebagai Training Officer (Human Resource Department) di Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin (Louvre Groups) serta pengajar di Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UIN Antasari Banjarmasin dan tutor di Universitas Terbuka Banjarmasin unit Kabupaten Tapin (Kota Rantau).
Pernah menjadi ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) tingkat fakultas di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY tahun 2010 serta menjadi ketua DPM tingkat universitas (DPM KM UNY) pada tahun selanjutnya. Serta aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah komisariat UNY, hingga ke IMM cabang BSKM serta di DPD IMM DIY pada periode 2015-2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here