Peduli Dampak Siklon Tropis Cempaka

0
226

Yogyakarta berstatus siaga darurat bencana menyikapi perubahan cuaca yang mengakibatkan bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang. Hujan mengguyur Yogyakarta sejak hari Senin (27/11) hingga Selasa malam (28/11) mengakibatkan beberapa wilayah di Yogyakarta seperti daerah Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul mengalami banjir, tanah longsor dan angin kencang. Tidak hanya kerusakan sejumlah infrastruktur akibat luapan sungai, namun juga terdapat korban jiwa. Perubahan cuaca ini merupakan dampak kehadiran siklon tropis cempaka yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa.

Senin (27/11) Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis BMKG pukul 19.00 WIB mendeteksi siklon tropis cempaka. Adanya siklon tropis Cempaka mengakibatkan perubahan cuaca seperti potensi hujan lebat di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain potensi hujan lebat juga angin kencang.

Dilansir dari tirto.id, berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD DIY hingga Rabu (29/11/2017) menyebutkan, di Yogyakarta teridentifikasi lokasi terdampak bencana angin kencang mencapai 122 titik, tanah longsor 105 titik, banjir 109 titik, dengan jumlah warga terdampak mencapai 8455 orang, tiga orang luka-luka, dan 5 orang meninggal dunia.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bulaksumur Karangmalang (IMM BSKM) melalui bidang Sosial, Ekonomi, dan Pemberdayaan Masyarakat (SEPM) menggalang donasi untuk memenuhi kebutuhan pengungsi yang tersebar di seluruh Yogyakarta.

“Ya kami bekerja sama dengan pimpinan cabang –Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok- untuk mengadakan penggalangan dana maupun barang untuk memenuhi kebutuhan pengungsi.” Ungkap Rusli selaku Ketua Umum PC IMM BSKM.

Ditemui di tempat yang berbeda, Abror Ahmad Aman selaku bidang SEPM mengatakan, “PC IMM BSKM menerima berbagai bentuk sumbangan seperti alat tidur (kasur dan selimut), pakaian laik pakai, makanan siap saji, bahan makanan, air bersih, dan asupan gizi. Bagi donatur yang ingin menyalurkan dalam bentuk uang juga bisa ke rekening BNI 0533148500 dan konfirmasi ke saya melalui sms atau wa. Untuk barang nanti dapat diserahkan ke sekretariat kami di Masjid Al Muttaqin Tawangsari”

Selanjutnya penggalangan dana maupun barang tersebut akan disalurkan ke Posko PCM Kecamatan Depok untuk diberikan kepada pengungsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here