Tiga Golongan Umat Islam di Bulan Ramadhan

0
70

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat utama dimana pada bulan ini ibadah-ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya. Dibulan ini pula terdapat malam yang sangat spesial karena nilai dari malam ini adalah lebih baik dibandingkan seribu bulan, yakni malam Lailatul Qodar – yang semoga kita tidak melewatkannya dengan percuma. Pada bulan Ramadhan tahun 1440 Hijriyah atau bertepatan dengan tahun 2019 juga bersamaan dengan perhitungan suara sebenarnya (Real Count) dari KPU untuk 5 pemilihan yang dilakukan masyarakat Indonesia. Khusus untuk pemilihan presiden, masyarakat Indonesia terpecah menjadi golongan 01 dan golongan 02. Selain golongan 01 dan 02, muslimin dan muslimat juga terpecah menjadi beberapa golongan. Apa saja kira-kira golongan-golongan itu?

Golongan Pertama, ialah golongan yang justru menganggap bulan Ramadhan ini sebagai bulan dimana produktivitasnya akan berkurang dimana pada bulan ini ia tidak bebas makan dan minum dan beberapa keterbatasan lainnya. Golongan ini kadang justru dengan entengnya meninggalkan puasa dan ibadah-ibadah yang diutamakan pada bulan Ramadhan. Lebih buruknya lagi, orang-orang pada golongan ini merasa bahagia pada tanggal-tanggal akhir bulan Ramadhan karena merasa senang bahwa bulan ini akan segera berakhir, berikut kesenangan-kesenangan pada bulan syawal seperti THR dan lain sebagainya.

Golongan Kedua, ialah golongan yang menganggap bulan Ramadhan sebagaimana bulan-bulan lainnya. Ia tetap produktif dalam beraktivitas sebagaimana ia juga produktif dibulan-bulan yang lain, kelebihan golongan kedua ini dibandingkan golongan pertama adalah ia masih mengutamakan ibadah puasa dan mungkin beberapa ibadah-ibadah lain, akan tetapi masih belum memprioritaskan ibadah-ibadah lain tersebut padahal keutamaannya sangat besar pada bulan Ramadhan ini.

Golongan ketiga, ialah golongan yang menganggap bulan Ramadhan sebagai bulan-bulan yang sangat spesial karena dibulan ramadhan ini amalan-amalan yang biasa diamalkan di bulan lainnya dilipat gandakan pahalanya. Tiap tahunnya ia sangat menanti-nanti bulan Ramadhan karena ia sangat paham betapa utama dan besarnya syafaat dan pahala pada bulan Ramadhan ini. Bahkan, orang-orang pada golongan ini merasa sedih pada tanggal-tanggal akhir bulan Ramadhan karena mungkin merasa bahwa pada tanggal-tanggal awal Ramadhan ia kurang giat dalam beribadah.

Walaupun dari ketiga golongan ini tidak terjadi perpecahan, tapi polaritasnya sangat terlihat. Mari kita berdoa agar dari ketiga golongan ini semoga kita termasuk didalam golongan ketiga atau minimal menjadi golongan kedua, agar pada ramadhan ini tiada kesia-siaan dalam diri kita, dan semoga kita mendapat syafaat pada bulan Ramadhan ini agar supaya menjadi muslimin dan muslimat yang lebih baik daripada sebelumnya. Amiiin

Amar Ma’ruf Irfan Muhamadi merupakan mahasiswa aktif Departemen Fisika FMIPA UGM, yang kebetulan ditunjuk menjadi Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Fisika, juga merupakan sekretaris bidang RPK PK IMM Al-Khawarizmi

Penyunting: aul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here