IMM UNY dan IMM UGM Bersatu dalam Bakti Sosial Idul Adha 1441H IMM Se-BSKM

0
56

Tahun ini begitu spesial, jika tahun-tahun sebelumnya IMM UNY dan IMM UGM mengadakan bakti sosial Idul Adha sendiri-sendiri maka tahun ini IMM UNY dan IMM UGM bergabung di bawah naungan PC IMM BSKM.

Bakti Sosial tahun ini dilaksanakan di Macanmati, Girimulyo, Panggang, Gunung Kidul, DIY pada tanggal 30-31 Juli 2020 dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang berpusat di MI Muhammadiyah Macanmati. Adapun tema yang diusung pada kegiatan baksos kali ini yaitu “Aktualisasi Nilai-Nilai Humanitas Guna Meningkatkan Semangat Fastabiqul Khairat di Masa Pandemi”

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan bagian dari generasi muda Indonesia yang mengemban ide dan cita-cita Muhammadiyah. Salah satu spirit Muhammadiyah yang diemban oleh IMM ialah gerakan sosial, filantropi, dan kemanusiaan (humanitas). Bakti Sosial Idul Adha merupakan salah satu aksi nyata untuk mengaktualisasi spirit tersebut dan mengaktualisasi nilai-nilai humanitas. Kegiatan bakti sosial Idul Adha tentunya akan membawa manfaat baik untuk pihak sasaran maupun pihak penyelenggara terlebih banyaknya masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini.

Atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa tahun ini  Bakti Sosial IMM Se-BSKM mendapat amanah untuk menyalurkan 125 hewan kurban, 90 hewan kurban disembelih di MI macanmati, 25 disembelih di Panti Asuhan Umar bin Khotob, 10 kambing disembelih di Masjid Al-Akbar Yogyakarta International Airport.

(Kandang Hewan Kurban di belakang MI Macanmati)

(Penyembelihan Hewan Kurban di Panti Asuhan Umar bin Khotob)

Selain penyembelihan hewan kurban, Bakti Sosial Idual Adha PC IMM Se-BSKM juga melakukan open donasi berupa uang dan paket sembako. Sejak open donasi dibuka tanggal 11 Juli 2020 infaq terus mengalir dari donatur hingga mencapai 100 persen dari target pada tanggal 28 Juli 2020. Meskipun panitia sudah menutup open donasi pada 28 Juli 2020 namun aliran sedekah dari donatur masih mengalir hingga hari H pelaksanaan. Sehingga total donasi mencapai  Rp 20,431,000. Adapun dana yang terkumpul  digunakan untuk operasional kegiatan penyembelihan hewan kurban, bantuan 200 paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kecamatan Panggang, bantuan paket sembako bagi kader IMM BSKM yang membutuhkan, dan juga bantuan paket sembako untuk Panti Asuhan Umar bin Khotob dan Panti Asuhan Ibnu Fattah Putra.

(Penyaluran sembako Bakti Sosial IMM BSKM bekerja sama dengan Lazismu Panggang)

Mengingat pandemi yang belum mereda pelaksanaan Bakti Sosial Idul Adha tahun ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Panitia tidak mengikuti kegiatan bersama warga, panitia hanya fokus terhadap dokumentasi penyembelihan hewan kurban dan pembagian sembako. Tidak ada kegiatan jualan baju murah seperti pada tahun sebelumnya. Begitupun kegiatan lomba anak-anak ditiadakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari interaksi yang terlalu banyak dengan warga.

Kegiatan Bakti Sosial Idul Adha IMM BSKM 2020 ini merupakan ikhtiar dalam menjalankan perintah agama dan juga ikhtiar agar menjadi salah satu jalan dalam mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Semoga Allah senantiasa meridhoi langkah kita dan memberikan balasan terbaik bagi para donatur dan semua pihak yang terlibat dalam Kegiatan Bakti Sosial IMM Se-BSKM.

Billahi fii sabilil haq, fastabiqul khairat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here