Kesempatan Jadi Pencapaian : di Rumah Aja yang Gak Gitu-Gitu Aja

0
103

Situasi seperti ini tentu membutuhkan partisipasi kita memposisikan diri sebagai manusia yang patuh. Yap! Bisa dikatakan menjaga jarak. Di rumah, kita bisa menjaga jarak dengan cara jauh dari kerumunan dan tentu membantu memutus rantai penyebaran covid-19. Aktivitas sosial yang awalnya melibatkan pertemuan penuh canda gurau dengan rekan yang asik, kini harus terhalang. Hal itu harus kita tahan agar aman baik untuk diri kita dan orang lain. Untuk mengobati rasa hampa pun bisa dilakukan dengan tatap muka secara online seperti rapat online, kuliah online, dan diskusi online. Tak kehabisan cara akan tetapi tetap menjaga jarak fisik. Sisi lainnya pasti juga terlintas sebagian dari kita, situasi ini adalah kesempatan bersantai menikmati susu hangat dan roti selai coklat taburan keju. Rebahan juga nikmat. Bagaimana tidak? Melayang jatuh di kasur empuk bayangannya santai sekali. Eh, iya memang benar rebahan, tapi gak gini juga kan ya?. Yuk beranjak sedikit karena walaupun di rumah aja tetapi ada kesempatan banyak yang bisa kita lakukan.

Pastikan tenangkan hati dan jiwa karena kepercayaan antara kita harus tumbuh untuk meyakini semua akan membaik. Tentunya ada gambaran istimewa untuk yang masih bingung jika hanya di rumah mau ngapain aja? Oke, coba deh ingat kembali ada keinginan apa yang belum kalian lakukan dimana kala itu kalian masih sibuk belum sempat melakukannya. Misalnya kalian sibuk mengerjakan tugas, organisasi, dan kerja. Sebenernya ini momen kalian banget. Kesempatan kita untuk merealisasikan itu semua. Misalnya dari dulu ingin sekali membuat buku. Tunggu apalagi? Tulis sekarang dan lanjutkan apa yang ingin kalian sampaikan. Oranglain juga ingin membaca hati agar cara berpikir kalian sampai pada mereka. Lalu kalian ingin latihan memasak? Nah, mumpung lagi di rumah, minimal jadilah koki untuk diri kalian sendiri. Lama-lama berbagi makanan untuk orang lain. Wah, asik bukan? Kalian melempar percikan kegembiraan untuk sesama. Adalagi mungkin ingin belajar menggambar atau melukis. Ya sudahlah hayuk lur hayuk! Ambil media apapun di rumahmu yang ada saja. Pensil atau bolpoin pasti ada kan? Lalu ambil kertas dan gambarkan apa yang menjadi suasana kalian saat ini. Takut? Kali ini tidak perlu berteman dulu dengan rasa takut. Tapi waktunya mendekatkan diri sampai menjadikan teman hidup intuisi kalian. Bebas dan yang penting kalian senang melakukannya. Mengekspresikan diri sampai menemukan titik temu keistimewaan kalian.

Cerita dari aku sendiri sebagai mahasiswa seni rupa, aku bukanlah tipe mahasiswa yang super sibuk. Bisa dikatakan sibuk dalam hal wajar seperti mengerjakan tugas, kumpul teman organisasi, dan pergi ke pameran. Tetapi dalam kondisi yang sebenarnya, aku masih bisa meluangkan waktu yang harusnya aku bisa berolahraga. Kenyataannya di waktu luang aku tidak melakukannya. Keinginan pasti ada tetapi kemauannya itu yang suka menghilang diterpa angin. Lelah juga banyak bicara tanpa ada gerakan nyata. Aku memang suka melucu dengan hal yang seperti ini. Tapi alhamdulillah, di situasi seperti ini dimana kondisinya aku sedang di rumah, aku berani memulai. Memang ini benar-benar kesempatan. Aku beranjak yang melakukannya. Yuhu! Aku berolahraga. Aku diajak melakukan yoga bersama kakakku. Kalian bisa juga mengikuti caraku. Sederhana sekali, kalian bisa melihat di youtube. Misalnya dari aku sendiri melihat chanel youtube Penyogastar Official. Di series pertama, aku sudah merasakan kesakitan pada tubuhku. Tetapi setelah itu aku merasa ketagihan dan sampailah hingga series kelima bisa aku lakukan dalam sehari. Nggak nyangka! Ternyata olahraga nggak perlu keluar rumah. Aku juga latihan memasak karena durasiku memasak bagi ibukku sangatlah lama. Aku mencoba melihat dan mendengar langkah-langkah yang disampaikan. Nyatanya yang awalnya memasak bukan keseharianku sebelumnya, kini setiap pagi, aku adalah manusia dapur. Bergantian menu masakan setiap harinya. Di sesi rebahanku, aku melihat chanel youtube kuliner. Nah, untuk kalian yang belum tahu, aku rekomendasikan chanel youtube Devina Hermawan, William Gozali, dan Atha Naufal. Selain bisa mengerti cara memasak, aku merasakan sedang ngobrol bareng dengan mereka. Selain itu tentu gak jauh-jauh dari jurusanku, aku juga mengisi waktu dengan menggambar, melukis, dan membuat ilustrasi. Kalian bisa melihat karyaku di akun instagram @maxleonart. Kalian juga bisa banget mengisi snapgram, feed instagram, dan paling sederhana di buku dengan gambar-gambar unik khas kalian.

Jarak memang tak mengenakkan karena ada pilu yang dirasa dengan tak adanya pertemuan. Tapi penantian ini akan menggembirakan jika diisi dengan pencapaian yang selama ini masih tertunda. Mulai saja dulu dengan pencapaian sederhana. Kalian menjadi pahlawan untuk diri kalian dengan perubahan baik sebelum nantinya berbagi cerita di saat pertemuan yang dirindukan. Berusaha menjadi hebat di manapun kalian berada. Jadi, di rumah pun kita bisa menjadi gokil abis. Yuk, panjatkan doa dan uluran terbaik untuk tempat tinggal sementara ini. Jangan lupa istiqomah dengan ibadah istimewa kalian. Semoga rasa syukur tak akan terlepas dalam hidup kita. Jaga kesehatan dan be positive!

Dari Hamba Allah yang suka cat dan kuas

-Inayatul Husna-

 

#DiRumahAja

#IMMawatiBercerita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here